The Most Popular Traffic Exchange

Jumat, 25 Januari 2013

Tips Cara Ternak Burung LoveBird

http://budidayku.blogspot.com/
Sedang menjadi primadona di kalangan pecinta burung. Selain indah warna bulunya, burung yang satu ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Tak heran banyak orang yang mencoba peruntungan dengan budidaya burung lovebird ini. Bagi para pemula khususnya pastilah masih belum mengetahui cara ternak burung lovebird ini.

Sebelum kita memasuki cara ternak burung lovebird ini, perlu diketahui bahwa burung ini adalah termasuk dalam spesies genus agapornis yang dapat diartikan agape = cinta, ornis = burung. Sehingga dari situlah burung mungil ini dipanggil dengan nama beken LoveBird. Biasanya dalam memelihara burung lucu ini selalu sepasang jantan dan betina. Dimana menurut cerita dan pengamatan burung ini sangat setia dengan pasangannya. Tak heran jika burung ini juga menjadi symbol kesetiaan cinta. Bahkan dalam beberapa kasus jika salah satu dari pasangan Burung LoveBird ini mati maka pasangan yang masih hidup menjadi stress berat.

Cara ternak lovebird memang lumayan gampang – gampang susah, Seperti halnya ternak hewan lainnya seperti ternak lele atau pun burung kenari. Dalam memulai sebuah usaha memang diperlukan tutorial atau panduan yang tentunya bisa membantu sehingga bisa meningkatkan opportunity atau peluang keberhasilan dan meminimalkan kerugian. Meskipun tidak bisa dipungkiri semua usaha pastinya akan terjadi trial and error pada awalnya. Yang tidak kalah penting, untuk menunjang keberhasilan setiap usaha anda adalah berguru langsung kepada orang yang sudah berhasil di bidangnya. Atau paling tidak meminta pengarahan kepada mereka yang lebih dahulu sudah berkecimpung dalam bidang yang sedang anda ingin terjun didalamnya. Sehingga akan menambah ilmu dan juga wawasan anda nantinya.

perlu anda ketahui bahwa Burung Lovebird (Pemasteran Burung Lovebird). Tidak semua jenis lovebird bisa dijadikan master, dan yang biasa dijadikan master adalah Blackthroat, Kenari dan sanger, karena ketiga burung ini mempunyai suara yang mendekati lovebird, lovebird yang biasanya digunakan sebagai master adalah lovebird yang memiliki trecetan kasar dan panjang-panjang, love bird bisa dimaster sejak usia kurang 1 bulan, meskipun trecetan suara lovebird dalam membawakan lagu lebih banyak di pengaruhi faktor genetic akan tetapi dengan pemasteran ini dapat membuat performa kicauan juga menjadi lebih oke.

Baiklah, cara ternak Lovebird pada awal dan dasarnya yang perlu dikuasai adalah anda dapat mengenal dan membedakan dulu antara burung Lovebird jantan dengan burung Lovebird betina. Secara warna dan fisik, lovebird susah untuk diketahui jenis kelaminnya.jka kita ingin mengetahui mana yang jantan dan mana yang betina Cara yang paling mudah adalah dengan meraba kedua capit udang yang terletak dibawah duburnya. Jika keras, rapat dan lancip, kemungkinan besar adalah jantan. Dan pada burung betina capit udangnya lembek, lebar dan tumpul.

Cara ternak burubg Lovebird yang selanjutnya adalah mempersiapkan idukan yang akan di kembang biakkan. Yaitu dengan memilih calon induk yang memiliki umur relatif masih muda, sekitar usia 7 bulan sampai 2,5 tahun, hal ini disebabkan jika umurnya sudah lebih dari 3 tahun biasanya tidak terlalu produktif lagi. Agar indukan menjadi lebih produktif bisa menambahkan makanan ekstra seperti sawi, toge, kwaci dan jagung muda untuk memicu birahi burung dan jadilah banyak keturunan he..he.. untuk bisa lebih menguasai dan mengetahui garis keturunan lovebird yang anda budidayakan nantinya, lebih baik anda melakukan budidaya burung lovebird ini secara individual. Sehingga kwalitas dari anakan dapat dijaga.

Kandang burung lovebird yang cukup untuk satu pasang love bird berukuran sekitar 40 cm x 40 cm x 80 cm, sedangkan tempat untuk bertelor dan mengeram siapkan glodok atau kotak sarang yang terbuat dari papan dengan ketebalan sekitar 2 cm, dengan ukuran panjang x lebar x tinggi = 15 CM x 20 cm x 25 cm, dan didalamnya diisi dengan kulit jagung yang sudah di keringkan, serbuk kayu dan lain sebagainya. Jika sudah bertelur biasanya menghasilkan sekitar 4 – 6 butir, dengan masa eram sekitar 21 hingga 23 hari, setelah menetas love bird jantan dan betina bergantian menyuapi anaknya sampai anak burung bisa makan sendiri.

Dalam beberapa kasus terjadi induk burung lovebird tidak mau mengasuh anakan nya. Maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan tempat (kotak) dengan ukuran sekitar 40cm x 40cm x 40cm dengan lampu bohlam 5 watt sebagai penghangat. Untuk member makan anakan yang tidak diasuh ini yang perlu disiapkan adalah bubur susu untuk bayi yang di campur dengan air hangat dan diberikan setiap 2 jam sekali sampai mencapai umur 3 s/d 4 minggu. Setelah usia ini bisa melakukan pengenalan makanan seperti buah, sayur atau millet. Dan jika anakan lovebird sudah mampu makan sendiri, indukan dipindahkan ke sangkar yang lain agar dapat melakukan reproduksi kembali. Dan biasanya burung lovebird bisa berusia sampai 10 s/d 20 tahun.

PERMASALAHAN DALAM BETERNAK LOVEBIRD

    Indukan tidak jodoh. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa factor. Diantaranya adalah kondisi lingkungan yang tidak mendukung, kedua indukan belum memasuki masa birahi, atau juga dapat dimungkinkan kalau kedua indukan berjenis kelamin sama.


    Telur tidak bisa menetas. Hal ini kemungkinan terjadi adanya infeksi bakteri atau juga kekurangan nutrisi. Biasanya terjadi pada telur yang terakhir keluar.


Demikian tadi mengenai Cara Ternak Burung Lovebird. semoga bisa memberikan manfaat kepada anda. Tetap dapatkan tips sukses ataupun berita terbari lainnya bersama newworld-ism.com. semoga anda berhasil dan sukses dalam setiap usaha yang anda kerjakan. Cara ternak Burung Lovebird.
Anda mungkin juga meminati:
Cara Beternak Burung Kenari terbaru
Cara Ternak Jangkrik | Tips sukses
Cara BeTernak Lele | tips sukses
Toko Sepatu Online Vicky Shu dan Ussy
LinkWithin
at 9:36 AM - Labels: Peluang Usaha -
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }


Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
terbaru

    Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara alami
    Harga AC Panasonic 2013 lengkap
    Honda Verza 150 harga enteng spesifikasi mentereng 2013
    Harga Samsung Galaxy S3 Mini Bersahabat Spesifikasi Wah
    Toyota Etios Harga Lumayan Spesifikasi Menawan 2013

Kategori

    Berita Terbaru
    desain rumah
    Electronics
    Gadget
    Gemscool
    kata mutiara
    Kesehatan
    komputer
    other
    Otomotif
    Peluang Usaha
    Sepakbola
    Tips

Followers
W3 Directory - the World Wide Web Directory

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More